Selasa, 28 Desember 2010

KAMING SUUN 2011


menjelang tahun 2011 hysteria mempersiapkan beberapa program sebagaman yang tertulis di atas. melanjutkan program sebelumnya maaping project, petakota merupakan sebuah perogram pemetaan berbasis data atau aktivitas terdokumentasi sebagai upaya untuk mengidentifikasi fenomena apa yang sebenarnya terjadi berulang-ulang di kota ini. petakota#1 lebh bertitik berat pada poster gigs kurun waktu 2007-2009, meski belum maksimal bisa dikatakan ini upaya menjaga ingatan serta mengatahun modus gerakan anak muda dari tahun ke tahun. tahun 2011 petakota#2 akan menyorot persoalan lain.
kegagalan kami untuk membuat festival lintas disiplin tahun 2010 tidak membuat kami berkecil hati, nah setelah dianalisis tujuan utama program ini adalah menyatukan berbagai lintas disiplin komunitas. namun apa daya jika ikatan emosional belum terbentuk kuat dan berfestival belum menjadi kebutuhan bersama? menelisik lebih dalam hysteria mencoba untuk masuk pada persoalan-persoalan kecil komunitas. kalau komunitas kuat dan saling berhubungan bukan tidak mungkin suatu saat festival yang memang dibutuhkan akan terbentuk karena 'kebutuhan' dan bukan semata-mata insentif finansial.
sebagaimana kita tahu mengelola komunitas bukanlah hal mudah untk itu perlu strateggi supaya komunitas-komunitas ini bisa bertahan. untuk itu hysteria merasa perlu mengadakan lokakarya manajemen komunitas yang narasumbernya selain LBH Semarang juga orang yang berkompeten membentuk komunitas.
menghadirkan ika vantiani dan om kimung, hysteria juga hendak menyelenggarakan pelatihan membuat zine dan metodologi riset sejarah lisan. sebagaimana diketahui ika, atau lebih dikenal pengelola peniti pink adalah individ yang cukup menarik. ika mengoleksi ribuan zine yang terkumpul dari berbagai tempat. zine sebagai wacana aternatif di tengah arus informasi yang selalu identik dengan kepentingan pasar tentu saja menawarkan pilihan yang berbeda: pilihan untuk menelola, mendistribusikan, bahkan mengkampanyekan isu sesuai pilihan pembuatnya. upaya pencatatan ini sangat penting mengingat jarang sekali kita melakukan refleksi terhadap apa-apa yang pernah kita perbuat. sebagai asupan konsep, om kimung tentu pilihan menarik. sebagai salah satu pendiri BOH (bandung oral history) om kimung tentu tahu persis bahwa anak muda perlu menuliskan sejarahnya sendiri. sejarah orang-orang kecil yang selama ini dikecilkan juga oleh narasi-narasi besar sejak kita mengenyam pendidikan. keseriusan om kimung meriset sejarah metal ujung berung bandung dan bukunya tentang ivan scumbag burger kill merupakan bukti nyata bahwasana metodologi riset sejarah lisan cukup efektif dijadikan bahan supaya kelak kota ini mempunyai penulis yang mau menyuarakan kotanya sendiri.
tidak lupa juga bedah buku puisi dari beberapa penyair akan mewarnai program kami selanjutnya. diantaranya Ullyl Ch, seorang perajin tas yang telah menghasilkan buku antologi tunggal.selain itu hsyteria juga berencana menerbitkan antologi puisi yang terkumpul sejak 2008-2010 setelah sebelumnya 'mencari rumah' menjadi antologi pertama kurun 2004-2007.
sebagai ruang yang memang mempunyai kepedulian akan keberlangusungan komunitas, grobak a[r]t kos berencana memamerkan kolektf dari pati: Roemah Goegah. attak, salah sat eksponen penggerak akan memamerkan artwork-artworknya yang telah tercetak di kaos, emblem dll. pengaruh para musisi punk tentu saja kental mempengaruhi warna ideologi yang dipilih attak yang juga membuat zine berjudul instruktif fight. belum lagi isu lingkungan yang diangkat protes anak-anak roemah goegah terhadap PT Semen Gresik di Pati yang sangat bernafsu membangun pabrik. tentu menjadi tawaran pameran menarik mengingat di daerah yang cukup gersang ini ada subkultur yang sanggup bertahan dan gigih bersuara.
nah! kesemua program telah direncanakan. karena hysteria sampai hari ini belum mempunyai pendanaan tetap, pelaksanaan program akan kami sampaikan di kemudian hari. bagi pihak-pihak yang merasa berkepentingan terhadap maju tmbuhnya komunitas-komunitas yang ada di Semarang, hysteria tidak pernah menolak sedikitpun bantuan dari kalian! tunjukkanlah kalau kita memang peduli. semoga rencana-rencana kami terlaksana. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar