Selasa, 19 Juni 2012

Irisan Kepentingan, Irisan saling menguntungkan


Kadang seseorang dihadapkan pada situasi di mana dia harus berbagi tempat pada orang lain padahal orang tersebut memiliki pandangan atau kepentingan yang berbeda dengan orang lain. Mungkin hal itu  tak akan nyaman untuk keduanya berjalan bersama, namun jika tak dilakukan keduanya tak akan mendapatkan apa yang mereka cari. Terkadang ada orang yang tak sabar sehingga memutuskan untuk mncari jalan lain, terkadang ada yang melenceng dari orientasi awal, kadang seiring berjalannya waktu ada yang ikhlas untuk mengalah. Namun juga tidak sedikit yang akhirnya mereka sukses bersama. 



Film Bunraku yang digarap tahun 2010 memiliki banyak intrik yang menarik. Di mana terjadinya satu otoritas oleh satu kelompok yang menguasai suatu daerah. Tempat bertemunya dua pemuda dan seorang bartender yang memiliki kepentingan masing-masing namun akhirnya sepakat untuk bekerja sama karena melihat adanya irisan kepentingan, yaitu meruntuhkan rezim yag sedang berlaku.
Film yang digarap dengan sentuhan komikal ini diputar oleh K.A.G dan Hysteria dalam “Gerobak Bioskop” di basekamp KAG, perumahan Mijen Permai RT.07 Mijen kemarin pada tanggal 31 Mei 2012. “Kami merasa kalau apa yang ada dalam film tersebut sedang kami alami, namun dalam konteks yang berbeda. Sekarang kami sedang merencanakan untuk bekerja sama dengan Hysteria dalam beberapa hal, dan menurut kami ini bisa dilakukan.” Terang Adi salah satu penggerak K.A.G.

Pada saat film tersebut diputar tak banyak orang yang datang, karena saat itu hari sedang gerimis. Namun karena komitmen yang sudah disepakti bersama, film tersebut terus dilangsungkan sampai menjelang pertengahan mulai berdatangan remaja-remaja yang tertarik dan penasaran ingin tahu. Meskipun tidak terlalu mengerti esensi yang ada dalam film tersebut namun, mereka terus menyaksikan dan merasa terhibur oleh gerak-gerak action yang bagi mereka itu berbeda.

Perbedaan kepentingan tidak seharusnya menimbulkan friksi, atau  ketegangan antar kelompok. Namun kalau tumbuh kesadaran untuk mencari benang merah yang saling menguntungkan, akan lebih baik itu dilakukan bersama, karena dengan demikian akan menambahkan kedewasaan berkelompok dan mengatur konflik agar bisa menjadi alat untuk terus memacu komunitas supaya terus bergerak maju.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar