Senin, 05 Desember 2011

Pahlawan-pahlawan yang memenuhi pameran mail art




Ramai dan dipenuhi oleh penonton yang menunggu untuk dapat menikmati karya-karya mail art, kira-kira begitulah kondisi pembukaan pameran selasa 29 Desember 2011 di Grobak A(r)t Kos Jl. Stonen/ 29 Bendan Ngisor, Semarang. Mahasiswa, masyarakat umum, siswa-siswi sma, semua terkumpul dalam pembukaan pameran Attention Project #3 “Pahlawanku Hari ini” yang diselenggarakan oleh Karamba Art Movement dan didukung oleh Organisasi Hysteria.



Saat pembukaan, Galih sebagai perwakilan dari Karamba mengucapkan terima kasih pada banyak pihak yang terlibat dalam pameran yang berlangsung hingga tanggal 10 Desember ini. Purna selaku penanggung jawab Galeri Hysteria pun ikut membuka secara resmi pameran. Karamba Art Movement sendiri adalah komunitas anak muda yang sering berkiprah diberbagai kegiatan seni visual di semarang seperti mural, pembuatan karya-karya instalasi, pemutaran film maupun pameran-pameran diberbagai tempat.



Acara yang dibuka pada jam 19.30 wib ini dimeriahkan oleh banyak kelompok musik. Untuk menghidupkan suasana, Drunk by Pizza pun ditepatkan sebagai pembuka acara malam itu dengan mengusung genre musik 8 bit yang sedang digandrungi anak muda akhir-akhir ini. Adapula penampilan dari berbagai kelompok seperti Arief Lacikata, Elecktro kid, Fotokopi, KBRI dan live mural dari Positive Ink

Pameran kolektif ini memamerkan 140 karya mail art dari berbagai kota seperti Jakarta, Jogja, Solo, dan seputaran jawa Tengah. Karya-karya mail art tersebut dipamerkan dengan penataan rapi dan memenuhi 3 sudut dinding ruang pamer. Karya dalam bentuk amplop-amplop ini juga memiliki berbagai bentuk, teknik pembuatan maupun jenis gambar yang disematkan disalah satu sisinya.



Banyak perspektif yang digunakan oleh para pengirim karya mail art dalam menanggapi tema pameran “Pahlawanku Hari Ini”. Disamping menyediakan brosur pameran dan snack, teman-teman Karamba juga membuka lapak yang diisi banyak marchandises acara yang bisa dibeli oleh para penonton.

Pameran ini juga merupakan pameran ke-3 dari rangkaian pameran bertajuk Attention Project yang mana proyek pertama telah diselenggarakan sebelumnya di hysteria sekitar setahun yang lalu. Dari informasi yang tertera pada pamflet acara, terdapat pula pemutaran film dan artist talk di hari ke-2 pameran.

Karamba Art Movement juga telah merilis karya-karya mail art ini dalam bentuk digital di mailherotoday.tumblr.com. Tidak lupa pula beberapa karya nantinya terbit di media cetak Karamba bernama Mig Max.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar