Selasa, 07 Februari 2012

pameran Komik di GAK oleh Agung




PAMERAN KOMIK INDONESIA
Semarang, 21 – 27 Januari 2012
oleh: Agung Prabowo


Saya adalah pengajar di salah satu SMK Negeri di Semarang untuk mata pelajaran Seni Budaya. Di kelas XII (Dua Belas) semester 1 kebetulan ada materi Seni Rupa tentang membuat komik. Ketika saya memulai pelajaran, saya selalu menanyakan kepada siswa saya, “Coba sebutkan beberapa judul komik yang kalian ketahui !!”, reflek siswa saya menjawab bersahutan, “Naruto, Doraemon, One Piece, Crayon Sinchan, Dragon Ballz, Kungfu Komang, dll”. Kemudian saya menjelaskan kepada mereka kalau semua yang mereka sebutkan tadi adalah komik-komik buatan Jepang. Saya kembali bertanya, “Coba sebutkan komik-komik buatan Indonesia !!” dan merekapun terdiam.



Dari sinilah saya kemudian termotivasi untuk membuat “sesuatu” yang signifikan agar komik-komik buatan Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat. Maka dari itu beberapa waktu yang lalu saya mencoba mengarsipkan dan mengumpulkan karya-karya komik buatan komikus lokal, terutama komik-komik yang belum diterbitkan. Dan di awal 2012 ini saya memberanikan diri untuk mengenalkannya kepada khalayak melalui Pameran bertajuk “Pameran komik Indonesia”.

Banyak yang beranggapan bahwa kurang diminatinya komik Indonesia ini disebabkan oleh berbagai indikator. Kualitas gambar yang masih kurang, cerita yang tidak bagus, lemahnya ciri karakter tokoh komik, style yang kurang kekinian, finishing yang kurang maksimal dan lain-lain selalu menjadi kendala. Sekarang, di tahun 2011/2012 hal-hal klasikal tadi perlahan mulai terbenahi.
Di Pameran ini, sengaja saya mengumpulkan beberapa komik dari beberapa tempat di Indonesia yang menurut saya aneh, unik dan sekaligus memiliki ciri dan kekuatan tersendiri. Kalau urusan cerita, cobalah baca komik “A Letter From Heaven” karya Yan Setiawan (Bandung), saya jamin dada anda akan sesak. Ada juga “Battle Heroes”, dimana 1 komik digambar oleh 10 orang yang berbeda dan tentu saja dengan style yang berbeda pula. Tema wayang yang biasanya dibuat monoton, ini tidak berlaku untuk karya komik milik Bima Nurin berjudul “Cepot Repot Cepot”. Ada juga komik unik 3D berjudul “Duo Labil” karya Hudiyanto (Jakarta) yang seakan- sang komikus bisa berinteraksi dengan karakter di dalam komiknya. Tema kesejarahan era Pendudukan Jepang juga bisa dinikmati di komik “Neraka Nippon” karya Irawan Arif (Jakarta), dan masih banyak lagi lainnya.



Pameran Komik ini menjalin kerjasama dengan Hysteria dan mendapat kesempatan untuk mempergunakan ruang galeri seni alternatif mereka di Grobak a[r]t Kos - Jl. Stonen 29 Sampangan - Semarang ini diadakan selama 1 Minggu Full, mulai tanggal 21 – 27 Januari 2012. Pameran ini juga diselingi dengan 2 Event lainnya yang tentu saja masih berhubungan dengan komik, yaitu Gathering ngomik.com dan event menggambar komik bersama. Ngomik.com adalah salah satu website Penerbit komik digital dan membaca komik secara online yang menurut saya sangat membantu komikus-komikus lokal kita untuk mengembangkan kemampuannya dalam membuat komik. Bagi pembaca, website ini juga sangat membantu untuk lebih mengenal komik-komik buatan komikus lokal dan bagi Penerbit, website ini bisa menjadi market research komik-komik yang akan diterbitkan. Tercatat ada sekitar 200-an member ngomik.com yang berasal dari Semarang, maka dari itu sayang sekali jika momen ini saya lewatkan begitu saja tanpa adanya acara kopi daratan dengan para member ngomik.com.

Pembukaan Pameran, diisi dengan event menggambar komik 24 Jam. Di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia sering diadakan tantangan “24 Hour Comics” atau membuat 24 halaman dalam waktu 24 jam nonstop. Tapi, karena ini adalah acara rutin dan terjadwal, dan baru akan diadakan serentak pada bulan Juni nanti, maka saya buat saja tantangan yang konsepnya mirip dengan “24 Hour Comics”, yaitu menggambar komik 10 halaman saja selama 24 jam.



Semoga semua rangkaian acara di Pameran ini, bisa lebih meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap komik Indonesia, dan ke depan Komik Indonesia bisa lebih mendapat tempat di rumahnya sendiri. [Ag]

2 komentar:

  1. tolong kabarin klo dah dket acara “24 Hour Comics” ke Email saya yah gan..
    madt.shin@gmail.com

    BalasHapus
  2. Salam dari kami. Selamat beraktivitas kawan. Maju terus, pantang mundur. Over onward, never retreat....

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    BalasHapus